-->

Mengatasi Indukan Lovebird Macet Produksi

Setiap peternak berharap agar burung lovebird yang mereka budidayakan cepat produksi bahkan berharap selalu produksi dalam waktu yang cepat, namun hal itu tak semudah yang diharapkan. Seringkali ada beberapa indukan lovebird macet produksi yang menjadi masalah serius bagi peternak, karena itu sebagai penangkar lovebird kita harus bisa mengatasi indukan lovebird macet produksi dengan berbagai tips dan kesungguhan.

Dalam beberapa kasus, peternak menemui indukan yang tadinya sudah produksi dan menghasilkan anakan namun akhirnya tidak bertelur dalam waktu yang lama. Apa yang sebenarnya terjadi? apakah indukan sudah terlalu tua sehingga tidak bisa bertelur kembali? terlebih anda mengamati indukan lovebird macet produksi tersebut apakah batas usianya sudah melebihi 6 tahun? jika sudah mungkin anda memang harus mengganti dengan indukan baru yang lebih muda, namun jika belum berarti ada masalah lain yang menyebabkan  indukan lovebird macet produksi.Salah satu penyebabnya adalah kurang asupan sinar matahari, jangan remehkan kandang koloni yang membiarkan sianar matahari langsung bisa mengenai indukan lovebird karena hal itu sangat berguna untuk produktifitas.

Lovebird yang kekuarangan asupan sinar matahari ditandai dengan tubuh yang gemuk, sehat namun kurang bergairah, bertelur namun sering tidak menetas seluruhnya, terlihat seperti gembol telur namun sebenarnya adalah lemak yang menghambat proses produksi telur. Jika anda merasakan hal itu terjadi pada indukan anda maka sebaiknya anda mengambil indukan lovebird macet produksi dan melakukan terapi penjemuran, sebelum anda menjemur indukan lovebird macet produksi sebaiknya anda memandikan dengan air yang bersih lalu jemur sekitar 1-3 jam pada siang hari. lakukan selama 3-7 hari jika anda melihat burung mulai birahi dan bulu-bulu mengkilap maka anda bisa memasukkan kembali ke dalam sangkar ternak.

Sebagai sedikit pengalaman yang pernah saya alami, saya akan menceritakan kisah 5 jodoh indukan lovebird macet produksi yang saya beli dengan harga yang murah tentu saja karena alasan bahwa indukan lovebird macet produksi. Dari cerita pemiliki lima jodoh lovebird ini mengemukakan bahwa lovebird yang saya beli adalah lovebird yang sudah 4 kali bertelur di kandangnya namun tidak sekalipun ada yang menetaskan anak. Meski kejadian ini megarah pada kesimpulan yang memungkinkan bahwa kelima jodoh lovebird itu adalah mandul namun saya tidak menganggap hal itu sebagai masalah, sejatinya tidak lebih dari 2% lovebird yang ada di dunia ini adalah mandul asalkan bukan lovebird barong. Dengan keyakinan itu saya memberanikan diri untuk membeli kelima jodoh indukan lovebird macet produksi tersebut, dan hal yang saya lakukan sangatlah sederhana saya mengandangkan kelima jodoh lovebird tersebut ke dalam kandang koloni yang setiap jam 8.00-12.00 siang terkena sinar matahari langsung, setelah dua bulan terjadilan keajaiban dari jodohan betmen x pasbir yang sudah 4 kali bertelur tidak menghasilkan anak saya melihat telah menetaskan 5 telurnya secara sempurna. Selain itu jodohna lain juga menghasilkan anak, ini menunjukkan betapa pentingnya asupan sinar matahari langsung dalam mengatasi indukan lovebird macet produksi.

Selain itu hal yang penting untuk mengatasi indukan lovebird macet produksi adalah kecukupan takaran makanan untuk lovebird, yang harus anda ingan setiap indukan lovebird memiliki karakter yang berbeda-beda dan daya tahan yang berbeda-beda terhadap stres dan gangguan. kebanyakan lovebird yang gagal menetaskan telur bukan karena mandul atau tidak ngisi namun sering kali karena asupan makanan yang tidak tepat dan asupan sinar matahari yang kurang.

0 Response to "Mengatasi Indukan Lovebird Macet Produksi"

Posting Komentar

Berikanlah komentar yang bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel