-->

Cara Mengobati Lovebird Yang Sakit Patek ( Bisul, Jamur )

Penyakit "PATEK" sangat berbahaya untuk burung lovebird, seperti halnya penyakit kencing manis tipe basah yang melekat pada tubuh manusia, penyakit patek menempel pada burung lovebird. Penyakit ini akan menggerogoti bagian tubuh lovebird yang ditempelinya. Jika ia melekat pada kaki maka pada akhirnya kaki itu akan patah dan lunak karena temakan oleh jamur patek, jika terletak pada paruh maka akhirnya paruh itu akan terlepas dan terpotong. Penyakit ini sangat berbahaya dan menular, jika anda melihat salah satu burung anda terkena penyakit patek maka sebaiknya langsung ditangani dengan benar dan dijauhkan dari burung lovebird lainnya agar tidak menular.

Bagaima sebenarnya penyakit patek? Penyakit patek tidak hanya menyerang mata namun semua bagian dari tubuh burung lovebird, mulanya penyakit ini akan menempel pada bagian tubuh burung yang tidak berbulu dan secepat kilat ia akan menyebar ke area lainnya jika tidak segera ditangani dengan benar. Penyakit ini ditandai dengan adanya bintik merah pada bagian tubuh burung yang tidak berbulu seperti areka dekat mata, paruh, kaki dan lainnya. Jika anda melihat adanya benjolan seperti bisul yang terletak di area sekita mata lovebird sedangkan anda tidak melihat mata lovebird berair atau mengeluarkan kotoran putih, maka dapat dipastikan bahwa burung anda terkena penyakit patek.

Jika anda tidak menangani dengan baik, dari berbagai pengalaman burung anda tidak akan bertahan lebih dari 40 hari. Penyakit patek terbilang ganas dan menular, penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang tubuh burung saat kondisi burung sedang lemah. Biasanya penyakit patek akan menyerang burung yang baru berpindah tempat dari tempat yang bersih ke tempat yang kotor.

Bagaimana cara mengobati lovebird yang sakit patek? burung lovebird yang sakit patek akan tetap terlihat sehat dengan nafsu makan yang tetap, memang itu adalah fase penyebaran penyakit hingga akhirnya nanti burung akan loyo dan mati. Jika burung anda terkena penyakit patek maka segeralah anda membersihkan sangakrnya dan menobati burung tersebut dengan meluakai bagian tubuh burung yang terkena patek dan mengolesinya dengan obat jamur, baik obat jamur untuk manusia atau hewan. Biasanya peternak menggunakan obat jamur biru cair yang lebih sering digunakan untuk mengobati ikan hias yang terkena jamur. Obat biru itu dapat anda peroleh di toko ikan hias terdekat. Setelah anda mengolesi patek dengan obat, terlebih dahulu untuk menjemur burung tersebut agar jamur yang menyerang lovebird segera mengering. Jangan sampai anda membiarkan obat itu mengenai mata dari burung lovebird karena jika terlalu sering akan menyebabkan katarak. Setelah anda mengobati secara rutin maka penyakit patek akan segera mengering hingga akhirnya burung lovebird sembuh.

1 Response to "Cara Mengobati Lovebird Yang Sakit Patek ( Bisul, Jamur )"

  1. Pengalaman saya jangan gunakan obat biru karena memutus jari kaki lovebird.

    BalasHapus

Berikanlah komentar yang bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel