-->

Cara Budidaya Burung Cinta atau Lovebird Khusus Pemula

Haaalllooo Kicau Maniaaa!

Lovebird atau Burung Cinta merupakan salah satu burung dari sembilan (9) jenis spesies Genus Agapornis (dari bahasa Yunani "Agape" yang memiliki arti yaitu "Cinta" dan "Ornis" yang berarti "Burung"). Lovebird adalah burung yang berukuran kecil yaitu antara 13 sampai 17 cm dengan berat 40 hingga 60 gram, serta lovebird bersifat sosial. Delapan (8) dari spesies ini berasal dari Afrika sementara itu spesies burung cinta atau lovebird (Kepala Abu-abu) berasal dari Madagaskar. 
Lovebird atau burung cinta merupakan salah satu burung denfan postur mungil dan unik.  Tata cara merawat burung cinta atau lovebird tergolong cukup mudah, dan untuk pemula tidak akan kesulitan untuk melakukan perawatan lovebird anakan ataupun lovebird dewasa. Lovebird untuk saat ini memang sedang naik pamor. Hal ini dilihat dari semakin banyaknya para pemula yang menekuni dan mencari jenis burung cinta atau lovebird ini. Bagi yang berniat untuk beternak burung cinta atau lovebird, ada beberapa faktor yang harus kamu siapkan salah satunya adalah induk lovebird yang unggul. Induk lovebird yang kamu gunakan adalah kunci sukses dalam melakukan budidaya burung cinta atau lovebird. Semakin bagus dan berkualitas induk lovebird yang anda gunakan, semakin bagus dan peluang anakan unggul juga akan lebih terbuka lebar.

Tips Budidaya Burung Cinta atau Lovebird Khusus Pemula


Hal pertama yang harus kamu siapkan adalah kandang atau sangkar burung, baik kandang untuk perjodohan maupun kandang untuk penangkaran. Setelah kandang sudah di siapkan, maka tahap selanjutnya dengan mencari dan memilih indukan burung cinta atau burung cinta berkualitas dan tentunya sehat. Hal ini wajib dan jangan disepelekan jika menginginkan kualitas anakan memiliki kualitas unggul.


Tips Memilih Umur Indukan Burung Cinta atau Lovebird

Induk yang bagus untuk di budidayakan ketika telah mencapai satu tahun, semakin tua akan semakin bagus dan jangan gunakan indukan lovebird yang masih muda, sebab induk lovebird muda akan sulit untuk menghasilkan telur karena sel telur belum sepenuhnya matang. Maka dari itu, pilihlah induk dengan umur diatas satu tahun baik yang betina dan induk lovebird jantan.

Persiapan Lovebird Bertelur dan Mengeram


Setelah sang induk sudah berjodoh dalam satu kandang maka tak membutuhkan waktu lama, sang induk betina akan segera bertelur , maka tugas kamu adalah memperhatikan dan selalu memantau kedua induk tersebut supaya hasil yang didapat sesuai harapan.


0 Response to "Cara Budidaya Burung Cinta atau Lovebird Khusus Pemula"

Posting Komentar

Berikanlah komentar yang bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel