-->

Tips Merawat Lovebird Saat Menjelang Kontes

Hai Kiiicccaaaaauuu Maniiiaaaaa!

Lovebird atau Burung Cinta merupakan salah satu burung dari sembilan (9) jenis spesies Genus Agapornis (dari bahasa Yunani "Agape" yang memiliki arti yaitu "Cinta" dan "Ornis" yang berarti "Burung"). Lovebird adalah burung yang berukuran kecil yaitu antara 13 sampai 17 cm dengan berat 40 hingga 60 gram, serta lovebird bersifat sosial. Delapan(8) dari spesies ini berasal dari Afrika sementara itu spesies burung cinta atau lovebird (Kepala Abu-abu) berasal dari Madagaskar.

Merawat lovebird atau burung cinta yang sudah siap untuk masuk kontes agar mampu berkicau dengan kicauan panjang atau ngekek panjang memang cukup sulit, jika kalian belum mengetahui teknik dan tata cara melakukan perawatan lovebird dengan tepat. Untuk kamu yang sudah  mengetahui tentang tata cara merawat lovebird  atau sudah mampu mengenali dan mengerti tentang lovebird maka untuk membuat lovebird atau burung cinta mengeluarkan kicauan dengan ngekek panjang mungkin akan lebih mudah. Lovebird merupakan burung yang dikenal dengan burung yang unik dengan keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh jenis burung lainnya. Burung cinta dikenal juga dengan burung ngekek panjang, suara kicau yang merdu, dan merupakan burung yang dikenal dengan memiliki beberapa kombinasi warna yang memukan dan unik. Suara kicauan panjang atau ngekek panjang lovebird bisa mencapai 2-4 menit tergantung dari kualitas dan pelatihan harian yang kita berikan pada lovebird tersebut.

Tips Merawat Lovebird Saat Menjelang Kontes


Perawatan Harian Lovebird


  1. Setiap pagi hari jangan lupa untuk selalu memberikan udara segar pada lovebird, bisa juga dengan cara diangin-anginkan. Lakukan hal ini beberapa menit, untuk membiasakan lovebird menghirup udara bebas di pagi hari. 
  2. Bersihkan kotoran dan sangkar atau kandang burung.
  3. Jangan lupa untuk mengganti air minum, dan pakan lovebird dan yang lainnya.
  4. Jika lovebird sudah selesai di angin-anginkan lalu lovebird dimandikan, bisa mandi dalam keramba khusus atau dimandikan dengan cara disemprot dengan sprayer. 
  5. Lalu lovebird dijemur, jangan terlalu lama  menjemur lovebird. Setelah itu lovebird diangin-anginkan diteras atau samping rumah supaya si lovebird fresh atau otak lovebird lebih fresh dan rilex sambil mengeluarkan kicauan atau suara andalannya. 
  6. Setelah itu, lakukan pemasteran baik dengan antar burung maupun dengan kaset. Lakukan hal ini sampai sore. Tapi jika ingin si lovebird berkicau dengan suara panjang lakukan hal ini setiap hari.
  7. Lalu, berikan pakan pada burung tersebut.
  8. Setelah malam hari, lovebird bisa kita master sampai pagi. Jika pemasteran malam hari akan lebih bagus jika sangkar atau kandang lovebird dipakaikan kerondong (Selimut Kandang). Hal ini dilakukan agar membuat lovebird lebih tenang dan mampu menyerap suara yang didengar dari luar
Perawatan Lovebird Sebelum Masuk Kontes
  1. Seminggu sebelum lovebird masuk kontes jangan lupa untuk memperhatikan mental dan melatihnya dengan cara lovebird digantang di ketinggian. Lakukan hal ini beberapa menit setiap pagi selama 5 (lima) hari berturut-turut. Hal ini dilakukan untuk melatih mental juara si lovebird tersebut. 
  2. Tiga (3) hari sebelum masuk kontes , sebaiknya lovebird sudah tidak melakukan latihan apapun. Baiknya, lovebird ditempatkan diruangan yang khusus dengan sirkulasi udara yang bagus dan jangan sampai lovebird mendengar suara burung dan melihat burung lainnya. Sampai pada hari kontes nanti.
  3. Berikan lovebird pakan dengan nilai gizi tinggi.
  4. Satu hari sebelum kontes, lovebird bisa dilakukan penjemuran atau diangin-anginkan selama kurang lebih 10 menit. 
Diatas merupakan beberapa tahapan merawat lovebird saat menjelang kontes ataupun merawat lovebird harian.

0 Response to "Tips Merawat Lovebird Saat Menjelang Kontes"

Posting Komentar

Berikanlah komentar yang bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel